Ini Perbedaan Antara Risoles dan Lumpia

Bagi yang suka jajanan pasti paham dua jajanan ini yaitu risole atau yang biasa disebut risol dan lumpia. Kedua produk tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko jajanan tradisional atau toko kue online. Ketika berbicara tentang soleil dan lumpia, hanya sedikit orang yang salah paham sebagai keduanya. Risole terkadang disebut lumpia, dan sebaliknya. Ada alasan mengapa risole dan lumpia tidak bisa dikenali dengan benar, yaitu karena keduanya berbentuk persegi panjang dan memiliki kerutan di kedua sisinya. Namun, jika diperhatikan lebih dekat, ada banyak perbedaan antara lumpia dan risole. Mau tahu bedanya? Baca artikel ini sampai selesai!

Dari segi kulit

Perbedaan pertama ada pada kulitnya. Lumpia dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, sedangkan untuk kulit risole harus dibuat terlebih dahulu. Lumpia terbuat dari campuran air, tepung, putih telur, minyak dan garam. Sedangkan kulit risole terbuat dari campuran telur, susu dan margarin. Karena penggunaan susu, tekstur kulit risole lebih lembut, sedangkan kulit lumpia lebih tipis dan mudah pecah.

Dari segi tekstur

Dari segi tekstur kulit umbi sebelum digoreng memiliki tekstur yang kasar, sedangkan kulit kelapa sawit memiliki tekstur yang halus dan lembut. Namun setelah digoreng, tekstur lumpia lebih renyah karena tidak ada lapisan. Sementara itu, karena lapisan tepung panir, tekstur kulit risole sangat renyah, namun tidak serenyak lumpia goreng.

Baca juga : The difference between Javanese noodles and Chinese noodles

Dari segi isian

Dari segi isian, lumpia dan Lithol dapat memiliki isian yang berbeda. Sebagian besar risole diisi dengan rebusan, daging asap dan mayonaise, digunakan untuk menumis daging cincang. Hanya saja isian lumpia bisa berupa rebung seperti lumpia semarang atau bihun goreng dan sayur mayur. Bahkan, Anda bisa menukarkan isian mayonaise dan lumpia, yakni isian mayonais egg roll dan lumpia, begitu pula sebaliknya, karena nanti keduanya akan digoreng bersama.

Dalam bentuk dan penampilan

Sebenarnya, cara termudah untuk mengidentifikasi keduanya adalah dengan melihat bentuk dan penampilannya. Lumpia hanya berbentuk persegi panjang dengan tampilan glossy dan permukaan atas yang halus. Adapun risol ada yang persegi panjang dan ada pula yang segitiga. Karena dilapisi tepung di atasnya, tampilan garis aliran sangat kasar.

Baik Lumpia maupun Risoles seringkali menjadi primadona yang menghiasi snack box jakarta, karena rasanya yang lezat dan menarik.

Baca juga : Ini Dia Asal Usul Lumpia, Kuliner Khas Semarang yang Digemari Masyarakat

a food mega enthusiast

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store